Assalamualaikum.
Wr. Wb
Pada kesempatan
kali ini saya ingin menjelaskan apa saja yang dikerjakan saat pelajaran Kewirausahaan.
1. Mencari Tempat Usaha yang Paling Strategis
Pengambilan keputusan
dalam mencari tempat usaha yang strategis dapat dipandang sebagi proses:
a. Mencari tempat usaha umum yang strategis dan
b. Mencari tempat usaha yang khas.
Tempat usaha yang
strategis adalah tempat atau letak perusahaan melakukan aktivitas berikut
pemasarannya, serta penjualan barang dagangan dengan mendapatkan keuntungan
yang besar.
Jika akan mencari
tempat yang strategis untuk pabrik harus di pertimbangkan secara seksama,
karena akan berkaitan dengan masalah bahan baku, tenaga kerja, transportasi,
dan masalah penunjang produksi lannya. Tempat usaha yang strategis besar sekali
pengaruhnya terhadap biaya produksi maupun biaya pemasaran dan penjualan barang
dagangan.
2. Memilih Tempat Usaha yang paling Strategis
Tempat usaha yang
paling strategis dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya corak barang
yang tersedia, pelayanannya, penyerahan barangnya, dan kemudahan
transportasinya.
a. Tempat Usaha yang diinginkan Perusahaan
Tempat usaha yang
paling strategis dan yang paling diinginkan oleh perusahaan/toko, diantaranya
sebagai berikut.
1) Letaknya strategis
2) Dekat dengan bahan-bahan baku
3) Dekat dengan pasar
4) Tenaga kerja maudah didapat
5) Biaya transportasi murah
6) Fasilitas pemerintah daerah mendukung dan menunjang
7) Fasilitas tenaga penggerak/energi mudah didapat
8) Keadaan ekonomi konsumen di daerah tersebut cukup baik.
b. Tempat Usaha yang Diinginkan Konsumen/Pembeli
Tempat Usaha yang
paling strategis dan yang diinginkan pembeli, adalah sebagai berikut.
1) Aadanya fasilitas parkir yang cukup luas
2) Fasilitas transportasi mudah dan lancar
3. Menetapkan Tempat Usaha yang Paling Strategis
Menetapkan tempat
usaha yang paling strategis merupakn dambaam para pengelola usaha,sebab:
a. sangat menguntungkan,
b. dapat memuaskan langganan,
c. adana kemudahan dalam segala hal, dan
d. memudahkan pemasaran dan penjualan barang dagangan
Apabila perusahaan
telah menetapkan tempata atau daerahyang strategis, maka masah-masalah
selanjutnya yang akan dihadapi adalah:
a. masalah biaya,
b. malah pelayanan,
c. arus pengunjung,
d. arus para pembeli,
e. masalah parkir kendaraan,
f. masalah keamanan
g. masalah populasi
h. masaha persaingan,
i. masalah transportasi,
j. batas-batas daerah perdagangan,
k. masalah kendahan, dan
l. masalah tenaga kerja yang terampil.