Selasa, 30 Agustus 2016

Assalamualaikum. Wr. Wb
Pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan apa saja yang dikerjakan saat pelajaran Kewirausahaan.

1. Mencari Tempat Usaha yang Paling Strategis
Pengambilan keputusan dalam mencari tempat usaha yang strategis dapat dipandang sebagi proses:
a. Mencari tempat usaha umum yang strategis dan
b. Mencari tempat usaha yang khas.
Tempat usaha yang strategis adalah tempat atau letak perusahaan melakukan aktivitas berikut pemasarannya, serta penjualan barang dagangan dengan mendapatkan keuntungan yang besar.
Jika akan mencari tempat yang strategis untuk pabrik harus di pertimbangkan secara seksama, karena akan berkaitan dengan masalah bahan baku, tenaga kerja, transportasi, dan masalah penunjang produksi lannya. Tempat usaha yang strategis besar sekali pengaruhnya terhadap biaya produksi maupun biaya pemasaran dan penjualan barang dagangan.

2. Memilih Tempat Usaha yang paling Strategis
Tempat usaha yang paling strategis dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya corak barang yang tersedia, pelayanannya, penyerahan barangnya, dan kemudahan transportasinya.
a. Tempat Usaha yang diinginkan Perusahaan
Tempat usaha yang paling strategis dan yang paling diinginkan oleh perusahaan/toko, diantaranya sebagai berikut.
1) Letaknya strategis
2) Dekat dengan bahan-bahan baku
3) Dekat dengan pasar
4) Tenaga kerja maudah didapat
5) Biaya transportasi murah
6) Fasilitas pemerintah daerah mendukung dan menunjang
7) Fasilitas tenaga penggerak/energi mudah didapat
8) Keadaan ekonomi konsumen di daerah tersebut cukup baik.
b. Tempat Usaha yang Diinginkan Konsumen/Pembeli
Tempat Usaha yang paling strategis dan yang diinginkan pembeli, adalah sebagai berikut.
1) Aadanya fasilitas parkir yang cukup luas
2) Fasilitas transportasi mudah dan lancar

3. Menetapkan Tempat Usaha yang Paling Strategis
Menetapkan tempat usaha yang paling strategis merupakn dambaam para pengelola usaha,sebab:
a. sangat menguntungkan,
b. dapat memuaskan langganan,
c. adana kemudahan dalam segala hal, dan
d. memudahkan pemasaran dan penjualan barang dagangan
Apabila perusahaan telah menetapkan tempata atau daerahyang strategis, maka masah-masalah selanjutnya yang akan dihadapi adalah:
a. masalah biaya,
b. malah pelayanan,
c. arus pengunjung,
d. arus para pembeli,
e. masalah parkir kendaraan,
f. masalah keamanan
g. masalah populasi
h. masaha persaingan,
i. masalah transportasi,
j. batas-batas daerah perdagangan,
k. masalah kendahan, dan
l. masalah tenaga kerja yang terampil.



1 komentar:

Jumlah Pengunjung

Featured Posts